Senin, 19 Juni 2017

Back to Nature dengan Berwisata ke Monkey Forest



Monkey Forest Ubud
(sumber : irina_senkovskaya)
 
Pengetahuan tak terbatas dan kecintaan kita terhadap alam dapat menjadi dorongan yang kuat untuk singgah di tempat tertentu. Wujud rasa syukur kita pun dapat dibuktikan dengan keingintahuan kita dalam menelaah ciptaanNya. Jika anda berkunjung ke Bali dan mampir ke Monkey Forest, Ubud, itu artinya Anda tidak hanya ke Bali untuk berwisata senang-senang, melainkan juga untuk mensyukuri ciptaanNya dan belajar memahami habitat salah satu ciptaanNya. Berlokasi di daerah Ubud, Jalan Wenara Wana Desa Padangtegal, Gianyar, Monkey Forest menjadi salah satu objek wisata favorite.

Monkey Forest Ubud
(sumber : little_miss_traveller)

Monkey Forest merupakan cagar alam yang menjadi habitat sekitar 650 ekor monyet mulai dari jenis kera ekor panjang hingga monyet -monyet sejenis dengan kondisi lingkungan yang sejuk dan tenang. Luas lokasi ini sekitar 12.5 hektar dengan kurang lebih 186 jenis pohon. Di dalam Monkey Forest terdapat pura Dalem Agung Padang tegal dan Pura Madia Mandala yang mana juga terdapat kolam suci dan candi lainnya untuk kremasi.

Jika ingin berkunjung kesana, sebaiknya sekitar sore hari agar para monyet sudah merasa kenyang dan tidak menyakiti anda. Anda dapat menggunakan jasa sewa motor Bali untuk mengatur waktu perjalanan anda dari satu tempat ke tempat lain sehingga anda tidak terkena macet dan mundur dari jadwal yang telah anda tentukan sebelumnya. Harga tiket masuknya yaitu 40 ribu rupiah bagi dewasa dan 30 ribu bagi anak-anak dibawah 12 tahun dan diatas 3 tahun. Anda tidak hanya akan menikmati pemandangan hutan dan monyet, namun anda juga bisa menikmati Open Stage, Dragon Stair, Exhibition Hall, Main Temple, Holly Pool, Entrance to Holly Spring, Tree adoption, Dear Stable, Holy spring temple, dan rumah kompos. Oiya, jika anda ingin mengunjungi pura-pura, semua ditutup untuk umum kecuali bagi mereka yang hendak sembahyang dan pastinya harus menggunakan kelengkapan sembahyang

Monkey Forest Ubud
(sumber : miriso_)


Keuntungan menggunakan jasa sewa motor Bali adalah anda tidak perlu mencari parkir yang jauh dari lokasi yang anda inginkan. Misalnya anda fokus ingin melihat pura-pura lebih dekat, maka parkirlah tepat di dekat loket tiket. Namun jika anda hanya ingin bermain-main dengan monyet, di luar loket tiket pun biasanya ada monyet yang iseng-iseng bermain disana. Ada beberapa tips yang dapat anda pertimbangkan untuk dilakukan. Pertama adalah tetaplah bersikap sopan dengan monyet-monyet yang ada karena mereka tetaplah makhluk yang memiliki sikap liar, terutama jika habitatnya terganggu. Yang terpenting adalah jagalah selalu barang bawaan anda dan jika akhirnya dipinjam oleh si monyet, janganlah mencoba untuk mengambilnya sendiri, melainkan mintalah bantuan pada pemandu.

Monkey Forest Ubud Bali
(sumber : daimanuel)

Biasanya monyet-monyet tersebut akan tertarik pada benda-benda yang mengkilat dan bersinar. Ditambah jika anda membawa makanan, maka sudah pasti anda akan menjadi incaran para monyet. Jangan juga sembarangan memberi makan monyet jika anda tidak ingin monyet-monyrt tersebut mengikuti anda kemana pun anda pergi. Sungguh sulit untuk dapat mengamati kehidupan para monyet dari dekat. Anda juga tidak dapat mengandalkan informasi di sekitar lokasi untuk mengetahui kebiasaan hidup si monyet. Mintalah bantuan pemandu untuk mengetahui secara rinci mengenai kehidupan para monyet demi keluasan pengetahuan anda. Bukankah tujuan anda adalah edukasi wisata? Sewa motor bali biasanya juga menawarkan paket tur yang anda butuhkan. Oleh karena itu, anda tidak perlu khawatir dan bingung menghabiskan waktu sebelum ke lokasi ini. Anda dapat jalan-jalan ke lokasi lainnya dulu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar