Selasa, 06 Juni 2017

Gedung Opera Sydney Kini Ada di Bali Lho, Rumah Bambu Pengalon

Sumber foto : @nie.marcello

Pernah lihat keindahan Gedung Opera Sydney? Bagaimana perasaanmu jika ternyata kamu bisa melihatnya di Indonesia tanpa perlu repot mengurus paspor dan visa? Tentu sangat menyenangkan bukan? Nah, perkenalkan nih Gedung Opera Sydney khas Bali yang terbuat dari bambu. Penasaran? Kok bisa ya terbuat dari bambu? Oke, kita pasti tau jika Bali kaya akan budaya dan kreatifitas. Kreatifitas yang ada itulah yang akhirnya bisa membuat bangunan ini menjadi ada saat ini. Rumah Bambu Pengalon namanya. Bangunan ini membentuk sebuah ruang yang unik. Tentu ini bukan pemandangan yang baru sehingga sudah dapat dipastikan bahwa bangunan ini memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Sumber foto : @agungwik

Bagi kamu yang suka berselfie, tempat ini cocok sekali untuk melengkapi sosial mediamu. Jika tidak puas hanya dengan menikmati lokasi ini, kamu bisa diving ke Padangbai dan wisata kapal selam Odyssey Submarine Bali di Labuhan Amuk yang lokasinya tidak jauh dari situ. Penasaran tidak dengan sejarah dibangunnya bangunan ini? Mungkin bagi sebagian orang ini adalah sebuah ide yang kurang masuk akal untuk membuat bangunan tanpa atap dari bambu. Sebenarnya bangunan ini dibuat untuk pergelaran festival musik Bali Unite yang batal digelar karena terganjal masalah ijin. Sebesar apa sih bangunan ini?

Sumber foto : @landeparsana

Berdiri di atas lahan seluas 16 hektar dan dilewati sebuah sungai yang memaksa berdirinya dua buah jembatan bambu, bangunan ini pada akhirnya memiliki 4 buah rumah bambu dimana di dalamnya juga terdapat panggung untuk festival, bangunan khusus tamu VIP, restaurant dan tempat yoga. Jika kamu butuh tempat untuk beristirahat, kamu dapat menemukannya juga disini. Dengan nuansa tegalan dan sungai yang ada di tempat ini,  kamu dapat menemukan kenyamanan dan nuansa natural yang menyatu dengan alam, dimana hal ini tidak akan kamu dapatkan di tempat lain, terutama di daerah perkotaan. Kamu juga dapat menyaksikan indahnya nuansa pantai karena lokasi ini berada di dekat pantai Blue Lagoon.

Sumber foto : @riakquinn_

Untuk menemukan lokasi objek wisata ini, kamu dapat mencarinya di Google Map. Cari saja banjar Pengalon, Antiga, Kecamatan Manggis berbatasan dengan Banjar Mimba, Padangbai, Kecamatan Manggis. Jika perjalanan anda dari Denpasar, cari saja SPBU Yeh Melet dan setelah setelah pura Goa Lawah, persis sebelah timur kantor Perbekel Desa Antiga Kelod, ambil belok kanan. Disana kamu akan menemukan jalan yang walaupun tidak terlihat jelas namun mobil bisa masuk ke lokasi. Jalan ini berada sekitar 400 meter dari jalan raya Amlapura-Denpasar. Setelah itu kamu hanya perlu mengikuti badan jalan yang belum beraspal ini dan akhirnya kamu akan bisa langsung sampai di lokasi.

Sumber foto : @denio

Nah, bagi kamu yang bingung dengan penjelasan di atas bisa langsung mencari alamat detailnya di Jl. Raya Padang Bai, Antiga Kelod, Village of Pengalon, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, Antiga Kelod, Manggis, Pengalon, Bali 80871. Bagaimana? Sudah siap menjelajah lokasi ini? Jangan lupa untuk memakai sunblock atau membawa payung dan topi ya? Karena cuacanya cukup terik dan lokasi ini totally outdoor. Tapi tenang saja, kamu masih dapat berteduh di beberapa spot menarik di tempat ini sambil menikmati pemandangan alam yang benar-benar natural. Percaya kan sekarang jika Opera Sydney ada di Bali? Kreativitas masyarakat asli Bali ternyata memang tidak perlu diragukan lagi. Bangunan yang dibuat oleh masyarakat kita ternyata bisa disandingkan dengan buatan luar negeri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar