Senin, 19 Juni 2017

Bali Tak Lengkap Tanpa Tanah Lot yang Penuh Mistis



Tanah Lot Bali
(sumber : lontra92)

Sudahkah anda mendengar tentang Tanah Lot? Lokasi ini adalah ikon dari pulau Bali karena tidak hanya menawarkan sunset namun juga cerita-cerita mistisnya yang membuat Bali semakin hidup. Apa saja yang dapat dilihat di lokasi ini selain sunset? Jika anda beruntung, tentunya anda dapat melihat ular suci (holly snake) yang konon katanya sakti dan kegiatan persembahyangan di sekitar pura. Untuk dapat menjelajah ke Tanah Lot, sebaiknya Anda menggunakan jasa sewa motor Bali, karena bagi para backpacker akan lebih menghemat perjalanan apalagi jalan menuju tanah lot yang semakin macet luar biasa. Bagi kamu yang memulai perjalanan dari daerah Kuta, jalan yang harus dihindari adalah jalan raya Canggu pada jam pulang kerja yaitu pada jam 4 sore sampai 6 sore, karena dipastikan Anda akan ketinggalan momen-momen sunset yang indah. Jika jam 3 siang jalan masih lancar untuk dilewati. Dari daerah Kuta ke Tanah Lot membutuhkan waktu satu hingga dua jam.

Tanah Lot Tabanan Bali
(sumber : anton_petrus)

Sudah tahukah anda bahwa di lokasi ini ada dua pura? Pura yang pertama berada di atas bongkahan batu besar dan yang kedua berada di tebing. tebing tersebut menjorok ke laut dan sangat mirip dengan pura Uluwatu. Bentuk tebingnya adalah melengkung seperti jembatan. Pura Tanah Lot ini adalah bagian dari Pura Kahyangan Jagat sebagai tempat memuja dewa penjaga laut. Pura hanya akan kelihatan ketika air sedang pasang, dimana di bawah pura ini terdapat goa kecil dengan ciri khas beberapa ular lautnya.

Tanah Lot Bali
(sumber : breslavtsev)

Bagaimana ciri-ciri ular laut? Ekornya pipih seperti ikan dengan warnanya yang hitam dan memiliki belang kuning. Ular inilah yang tidak semua orang dapat melihatnya dan konon katanya merupakan jelmaan dari selendang pendiri pura ini. Siapakah pendiri pura ini? Seorang Brahmana dari Pulau Jawa yang sedang mengembara ke Bali dan bernama Dang Yang Nirartha. Ular suci ini ditugaskan untuk menjaga pura.

Tanah Lot Bali
(sumber : liftbfit)

Jika anda ingin menghabiskan malam disini, anda dapat menyaksikan pertunjukan Tari Kecak, pesta pernikahan, maupun sunset dinner di sekitar pantai yang ada di dekat lokasi ini. Tanah Lot juga merupakan lokasi yang sangat cocok digunakan sebagai lokasi pre wedding. Untuk masuk ke lokasi ini, terdapat perbedaan tarif antara wisatawan domestik dan mancanegara. Karena harganya dapat berubah sewaktu-waktu, anda diharapkan memesannya langsung di lokasi dan jangan lupa ditambah biaya parkir.

Tanah Lot Bali
(sumber : rakaontrip)

Yang membuat tempat ini sangat menarik adalah pemandangan pura nya dimana pura tersebut akan terlihat seperti berada di tengah laut saat air sedang pasang. Bagaimana? Apakah anda akan menghabiskan malam di lokasi ini? jika anda ingin menghabiskan waktu disini, anda dapat memesan villa atau penginapan di sekitar lokasi ini dengan tarif yang beragam. Ada banyak toko pula yang menjual berbagai barang kerajinan khas Bali seperti kain pantai, lukisan terutama lukisan Tanah Lot dan sunsetnya, serta pernak pernik. Suasananya sangat mirip dengan pasar senu Sukawati dengan harga yang relatif terjangkau bagi wisatawan domestik. Kamar kecil pun tersedia di beberapa lokasi dan anda juga tidak perlu khawatir kelaparan karena ada banyak pedagang makanan kecil di sekitar lokasi ini.

Selain kuta, belum lengkap rasanya ke Bali tanpa ke Tanah Lot. Yuk agendakan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar