Rabu, 15 Maret 2017

Tips Memilih Helm Sewa Motor di Bali

Dalam artikel yang berjudul tips memilih helm sewa motor di Bali ini kita akan membahas fungsi dan aturan perundangan yang berlaku di Indonesia. Helm merupakan satu benda yang mempunyai satu fungsi sangat penting bagi keselamatan pengendara motor. Bukan hanya sebagai aksesoris yang hanya mempercantik tampilan si pengendara saja, tapi lebih daripada itu. Selain melindungi kepala dan otak kita, juga terhindar dari pelanggaran yang mengakibatkan sanksi tilang oleh Polisi.

ICHI Rent Bali
Cermatlah dalam memilih helm sewa motor di Bali untuk keamanan dan kenyamanan selama liburan
Aturan penggunaan helm sudah diatur semuanya dalam Undang-undang, contohnya saja Pasal 57 ayat (1) dan ayat (2) UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU No. 22/2009) yang berbunyi :
(1) Setiap Kendaraan Bermotor yang dioperasikan di Jalan wajib dilengkapi dengan perlengkapan Kendaraan Bermotor.
(2) Perlengkapan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) bagi Sepeda Motor berupa helm standar nasional Indonesia.
Selain itu juga ada Pasal 106 ayat (8) UU No. 22/2009 mengatur bahwa:
“Setiap orang yang mengemudikan Sepeda Motor dan Penumpang Sepeda Motor wajib mengenakan helm yang memenuhi standar nasional Indonesia.”

Semua aturan sudah jelas, dan jika melanggar akan dikenakan sanksi yang semuanya juga telah diatur dalam Undang-undang Pasal 291 UU LLAJ
No. 22/2009 yang berbunyi :
(1) Setiap orang yang mengemudikan Sepeda Motor tidak mengenakan helm standar nasional Indonesia sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (8) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp 250.000 (dua ratus lima puluh ribu rupiah).
(2) Setiap orang yang mengemudikan Sepeda Motor yang membiarkan penumpangnya tidak mengenakan helm sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (8) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp 250.000 (dua ratus lima puluh ribu rupiah).
Lumayan bukan dendanya. Daripada mengeluarkan uang untuk membayar denda tilang, lebih baik uangnya ditabung untuk sesuatu yang lebih penting. Misalnya untuk liburan di Bali.

Jenis Pelanggaran
Jenis pelanggaran pengguna jalan roda dua (sumber : www.ariepinoci.web.id)

Di sini, kita akan memberikan beberapa tips dalam pemilihan helm sewa motor di Bali:
1. pastikan helm memiliki kaca atau mika
Tips yang pertama ini walaupun sangat sepele, tapi jangan sampai kalian menyepelekan. Hal itu adalah KACA atau MIKA helm. Sangat jelas fungsinya untuk melindungi mata dari terjangan debu/batu, binatang-binatang kecil sampai abu rokok. Untuk pemilihan kaca atau mika helm sebaiknya yang tidak berwarna gelap atau lebih tepatnya bening atau clear. Mengapa? Jika berkendara pada malam hari akan sangat membantu dalam penglihatan dibandingkan dengan yang berwarna gelap. Dan usahakan memilih kaca atau mika helm yang tidak terlalu banyak goresan, karena akan sangat mengganggu dalam berkendara alias buram. Jadi, pilihlah tempat sewa motor di Bali yang helmnya memiliki KACA atau MIKA.
2. kaca helm tidak kendor
Tips kedua juga masih tentang kaca helm, pilihlah helm yang kacanya tidak kendor atau turun-turun terus ketika dipakai berkendara. Sungguh sangat menyebalkan jika itu sampai terjadi. Ketika ada satu momen yang diharuskan untuk melihat tanpa kaca tiba-tiba jegreeeekk, kaca helm berubah posisi jadi menutup sehingga momen itu terlewatkan. Ingat, satu momen tidak akan terulang untuk kedua kalinya (Hehehe).
3. pastikan gesper helm KLIK
Tips ketiga adalah pilih helm yang mempunyai standar klik SNI atau kreeek SNI (karena bunyinya begitu / gesper). Banyak dari tempat sewa motor di Bali yang tidak memiliki gesper di helmnya, entah itu hilang, rusak ataupun tidak adanya manajemen yang mengurusi itu semua. Fungsi gesper itu juga sangat penting untuk menjaga helm agar tidak terlepas saat berkendara, baik itu terjatuh ataupun tersapu angin pada saat berkendara agak kencang di jalan. Jadi jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan ketika kalian sedang liburan di Bali.
4. helm yang bersih dan tersanitasi
Tips keempat adalah pilih busa (daleman) helm yang bersih dan selalu tersanitasi. Hal ini juga sangat penting demi keamanan dan kenyaman berkendara. Kalian tidak mau khan ketika asik berkendara, tiba-tiba kepala menjadi gatal karena kondisi helm yang tidak bersih. Sungguh tidak kece banget kalau sudah begitu (Hehehe). Untuk itu pilihlah helm yang bersih dan tersanitasi, karena masih banyak dari tempat sewa motor di Bali yang masih kurang menjaga kebersihan helmnya.
5. helm ber-SNI (Standar Nasional Indonesia)
Tips kelima adalah pilih helm yang ber-Standar Nasional Indonesia (SNI). Karena yang beredar sekarang banyak helm ber-SNI palsu yang disewakan dan itu semua juga hanya emboss alias tulisan timbul yang bisa dibuat dengan tangan. Pilih juga helm yang dibuat pabrik bukan yang buatan tangan karena kualitas helm pabrikan sudah terjamin.

Nah, itu adalah beberapa tips yang bisa kita berikan untuk kalian semua yang akan menyewa motor di Bali agar bisa memilih dengan bijak. Sekali lagi kita "suggest" agar memilih tempat sewa motor yang memberikan fasilitas mumpuni. Seperti: memiliki kaca bening dan tidak turun terus ketika dipakai, gesper klik atau kreeek, busa helm yang bersih dan tersanitasi serta ber-SNI tentunya. Selamat berlibur di Bali dan salam satu aspal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar