Minggu, 12 Maret 2017

Safety Riding

        Tahukan anda mengenai apa itu safety riding? Safety Riding merupakan sebuah bentuk perilaku dan perbuatan yang berkaitan dengan aksi berkendara di jalan raya dengan cara yang aman dan nyaman, baik itu untuk diri sendiri ataupun bagi para pengguna jalan lainnya (pengendara ataupun pejalan kaki). Di zaman modern seperti saat ini kendaraan roda dua atau motor menjadi salah satu bentuk alat transportasi yang paling simple dan praktis untuk digunakan. Mengingat saat ini kemacetan dapat terjadi dimana-mana, maka penggunaan kendaraan jenis motor akan lebih terkondisikan lebih cepat, mudah, simple, praktis dan tentunya lebih irit jika dibandingkan dengan jenis kendaraan roda empat yang boros bahan bakar.

Safety Riding (Sumber : DeviantArt)
        Tak hanya memiliki kemudahan dari segi pengendaraannya, namun menggunakan kendaraan roda dua juga dapat digunakan meskipun kondisi jalan sangat sempit, berlika-liku bahkan di gang-gang kecil sekalipun. Namun, dengan keuntungan dan kemudahan yang didapatkan dari jenis kendaraan roda dua sangat sayang sekali jika jenis kendaraan roda dua ini justru disalah gunakan oleh beberapa pengendara yang ingin selalu mengendarai motor dalam kecepatan yang tinggi, ngebut, selap-selip, dan tanpa mempedulikan keselamatan diri sendiri ataupun pengguna jalan yang lain. Dapat diketahui jika terjadinya kecelakaan lalu lintas justru ditimbulkan karena faktor kecerobohan dan juga kurangnya pemahaman mengenai safety riding yang seharusnya wajib untuk dilakukan ketika seseorang mengendarai kendaraan. Dapat diketahui jika 50 persen terjadinya faktor kecelakaan justru ditimbulkan oleh diri sendiri, dan sisanya karena adanya faktor lingkungan, pengendara lain dan juga faktor lainnya.
 
         Kini mengendarai motor memang memiliki keuntungan yang lebih, namun dari keuntungan tersebut sebaiknya jangan disalahgunakan untuk melakukan aksi lainnya yang justru dapat merugikan anda dan juga orang lain. Kini adanya safety riding memang sangat penting untuk anda lakukan, selain lebih aman penggunaan safety riding juga dapat memperkecil resiko cacat tubuh akibat kecelakaan yang dapat terjadi. Safety riding saat ini bukanlah suatu yang asing untuk diperdengarkan apalagi bagi mereka para riders atau club-club motor yang banyak bermunculan saat ini. Biasanya di dalam sebuah club motor yang baik mereka akan mengajarkan dan juga berbagi ilmu tentang bagaimana melakukan safety riding yang mudah, baik dan sangat tepat. Tujuannya selain dapat memberikan keamanan, biasanya sebuah club akan lebih sering melakukan perjalanan yang jauh sehingga kebutuhan keamanan dan perilaku berkendara sangatlah dibutuhkan dalam kegiatan yang mereka lakukan.

        Safety riding sendiri sebenarnya tak jauh berbeda dengan perilaku safety driving, hanya saja safety riding digunakan untuk mereka pengendara motor sedangkan safety driving dilakukan oleh mereka para pengendara mobil. Namun keduanya sama-sama menyangkut keamanan yang harus dilakukan ketika seseorang menggunakan sebuah kendaraan ataupun pada saat berkendara. Safety riding sendiri biasanya dilakukan atau diberikan dalam bentuk sebuah materi yang kemudian dilengkap dengan praktik dan teknik yang harus dilakukan. Teori safety riding sendiri berkaitan dengn keselamatan dalam berkendara, pentingnya melakukan pemanasan tubuh, kendaraan sebelum melakukan perjalanan, posisi berkendara yang ideal, dan masih banyak lagi. Berikut adalah beberapa point penting dalam safety riding:

Point Penting Dalam Safety Riding:
1.     Perlengkapan kendaraan standart, misalnya kaca spion 2 buah kanan dan kiri, lampu depan belakang, lampu riting, klakson, ban, dan juga beberapa point yang ada di dalam kendaraan.
2.     Kelengkapan dari segi pengendara yang ideal misalnya saja seperti jaket, sarung tangan, helm standart, dan juga perlengkapan safety lainnya.
3.     Perlengkapan surat berkendara seperti SIM dan STNK, ingat Sim dan STNK yang tidak expired atau masa berlaku habis.
4.     Pentingnya penggunaan plat nomor kendaraan baik di depan maupun di belangan dengan posisi yang tepat dan ideal.

        Point safety riding merupakan salah satu hal yang harus anda lengkapi ketika akan melakukan sebuah perjalanan, selain dapat melindungi keamanan, keselamatan tentu hal ini juga bermanfaat untuk menghindarkan anda pada pelanggaran lalu lintas dan lain-lain.
Berikut adalah Perlengkapan Berkendara yang paling diperlukan diantaranya adalah:

Perlengkapan Berkendara Standart Dalam Safety Riding
1.      Helm
Penggunaan helm merupakan salah satu hal yang sangat wajib bagi mereka pengendara sepeda motor baik itu yang mengendarai atau mereka para penumpang di belakangnya. Penggunaan helm berkendara minimal harus yang Half Face, berstandart dan nyaman digunakan. Point inilah yang sering kali dilewatkan oleh mereka para bikers, umumnya banyak para pengguna kendaraan motor yang menggunakan helm catok dengan alasan lebih gaya, keren dan modis. Namun itu sangat membahayakan dan sebaiknya dihindari.
2.      Sarung Tangan
Penggunaan sarung tangan juga sangat penting untuk anda lakukan. Ketika berkendara sebaiknya penggunaan sarung tangan selalu digunakan dan sebaiknya menggunakan yang kualitas terbaik, misalnya saja yang terbuat dari bahan kulit, tebal, meresap keringat, tidak licin, dan nyaman digunakan.
3.      Jaket
Penggunaan jeket dapat melindungi tubuh baik itu dari terpaan angin, benturan dan lain sebagainya. Gunakan jaket yang benar-benar mampu melindungi tubuh anda, berbahan khusus, nyaman dan tentunya sangat safety untuk digunakan ketika berkendara.
4.      Sepatu
Pemakaian sepatu ketika berkendara juga penting untuk dilakukan, selain dapat melindungi telapak kaki, penggunaan sepatu juga dapat memberikan kenyamanan yang lebih ketika kaki menginjak presneleng.
 
Beberapa Hal Penting Yang Terdapat di Dalam Safety Riding:
-        Teknik Pengereman
Teknik pengereman merupakan point yang paling penting untuk semua bikers, penggunaan rem ada kalanya dilakukan dengan memanfaatkan fungsi rem depan dan rem belakang secara bersamaan. Tujuannya selain lebih aman, hal ini juga lebih sigap untuk waktu berhenti yang tepat. Jangan lakukan pengereman secara mendadak jika anda sedang berkendara dalam jalanan yang ramai.
-        Teknik Berkendara di Lintasan Menikung
Teknik ini seringkali digunakan untuk memberikan teknik yang benar untuk para bikers dalam mengendarai motor dalam lintasan yang menikung tajam, biasanya teknik ini sangat penting ketika anda berada di area lintasan pegunungan dan jalan menikung lainnya.
-        Teknik Berkendara di Lintasan Lurus
Teknik ini yang paling sering dialami oleh para bikers dalam berkendara di jalanan atau lintasan yang lurus, kemacetan ataupun saat menghindari kendaraan lain yang ada di depan, samping dan juga belakang.
-        Teknik Slalom
Teknik Slalom adalah teknik berkendara dalam kemampuan menikung kendaraan lain dengan cepat baik dari sisi kanan ataupun dari sisi kiri. Teknik sangat penting sekali dalam berkendara terutama berkendara dalam jalanan yang ramai dan bayak kendaraan roda empat yang melintas dengan begitu lambat.
 
        Safety riding sebenarnya cara dan perilaku yang harus dipatuhi oleh setiap pengendara sepeda motor, baik dalam peraturan perlengkapan kendaraan, perlengkapan si pengendara dan juga beberapa teknik mengendarai yang benar dan tepat guna keselamatan dan keamanan anda dan juga pengguna lainnya dapat terlindungi dengan baik.

Keep Calm and Safety Riding

Tidak ada komentar:

Posting Komentar