Minggu, 12 Maret 2017

Tips Liburan ke Bali untuk Backpacker Pemula


Liburan ke Bali tentu menjadi dambaan tiap orang di Indonesia bahkan di dunia termasuk kamu yang sama sekali belum pernah menginjakkan kakinya di Pulau Seribu Pura ini. Faktor biaya tentu menjadi hal yang harus direncanakan matang-matang agar bisa menghemat isi dompet agar tidak jebol apalagi untuk backpacker pemula.

Rencanakan backpackeranmu ke Bali agar hemat dan menyenangkan (sumber foto : www.backpackersthailand.com)

Melancong ke Bali dengan biaya minim memang kedengarannya tidak mungkin karena harga di Bali terkesan mahal. Namun tahukah kamu, tidak hanya cocok untuk pelancong "koper" tetapi para backpacker pun sangat bisa menikmati indahnya alam Bali sekalipun pemula seperti penginapan murah, makanan, dll. Nah, bagi backpacker pemula yang ingin berwisata ke Bali, berikut ada 8 tips liburan murah ke Bali diantaranya: 

1. Pos Dana 
Pisahkan anggaran akomodasi dan ticketing dari anggaran untuk keperluan makan, membayar tiket masuk ke tempat wisata atau untuk membeli oleh-oleh. Bawa uang seperlunya dalam dompet dan simpan sisanya di rekening bank dan dapat diambil sewaktu-waktu menggunakan ATM. Hal ini juga bermanfaat untuk menimbulkan rasa aman pada diri sendiri karena tak perlu mengkhawatirkan uang yang harus dibawa kemana-mana.

2. Jangan Bepergian di Musim Liburan dan Akhir Pekan
Musim liburan memang menyenangkan bagi sebagian turis mancanegara, namun mereka juga harus siap dengan kenyataan bahwa segalanya menjadi lebih mahal, tak terkecuali tiket pesawat, penginapan dan juga makanan. Selain itu kamu mungkin tak akan bisa menikmati apapun di tengah suasana penuh sesak. Kunjungi Bali di hari-hari kerja akan lebih hemat karena penginapan mematok harga yang lebih murah dibandingkan musim liburan. Jika kamu memilih naik pesawat ke Bali, usahakan untuk memesan tiket untuk penerbangan malam hari yang harganya jauh lebih murah dibandingkan penerbangan pagi dan siang hari.

3. Cari Penginapan dengan Harga Murah
Kawasan sekitar Jalan Poppies Lane Kuta dan Jalan Legian terkenal dengan kumpulan penginapan yang menawarkan harga miring per malamnya. Harga sewa kamar berkisar Rp 50.000 hingga Rp 350.000 per hari dan bisa menjadi lebih murah jika kamu menyewanya untuk tiga hari berturut-turut. Fasilitas yang disediakan juga memadai, yaitu single bed, kipas angin dan kamar mandi dalam. Kamu sebaiknya memeriksa informasi penginapan murah di Kuta dan reputasi masing-masing penginapan melalui internet agar tak salah pilih

4. Makanan Andalan Para Backpacker, Nasi Jinggo
Nasi jinggo khas Bali (sumber : www.cateringmurahbali.com)

Untuk urusan makan kamu juga wajib berhati-hati karena terlalu sering jajan tentunya bisa membuat dompet kamu jebol. Carilah warung-warung makan rumahan di sekitar pantai yang biasanya menjadi tempat mangkal para backpacker dan menjual makanan serta minuman dengan harga murah. Dan bagi yang beragama muslim jangan khawatir, karena banyak anggapan para backpacker pemula bahwa mencari warung makan yang halal akan menjadi suatu hal yang rumit, tetapi pada kenyataannya banyak warung makan yang menyajikan makanan halal. Dan makanan murah dengan harga Rp 5.000/ bungkus yang menjadi andalan para pelancong di Bali adalah nasi Jinggo.

5. Membeli Souvenir di Pasar Sukawati
Dimana-mana yang namanya pasar pasti menjual barang dengan harga lebih murah dibandingkan dengan toko modern, demikian juga dengan di Bali. Jangan tergoda untuk membeli souvenir yang ditawarkan toko cinderamata di pinggir jalan karena kamu bisa membelinya dengan harga jauh lebih murah di Kota Denpasar dan sekitarnya. Pasar yang dapat kamu datangi yaitu Pasar Seni Sukawati dan Pasar Seni Tanah Lot.

6. Bagaimana kalau Menginjak Banten/canang?
Banten (sumber : www.balimediainfo.com)

Walau tips yang ke-6 ini tidak berkaitan dengan budget, namun bagi kamu yang masih pemula saat liburan ke Bali ada masih pemula saat liburan ke Bali ada baiknya perlu tahu mengenai info ini. Banten atau sajen berupa bunga dan persembahan lainnya dalam wadah janur (canang sari) biasa diletakkan di pintu masuk dan area-area yang sering dilalui banyak orang. Seringkali muncul pertanyaan bagaimana kalau tidak sengaja terinjak. Sebenarnya tidak masalah jika memang Anda tak sengaja menginjaknya. Jika Anda menginjaknya di depan pemilik atau penjaga toko atau tempat sajen itu diletakkan, cukup berkata “maaf”. Sebaiknya saat berjalan, hindari dengan melewatinya, jangan sampai Anda malah sengaja menginjaknya. Sama halnya dengan saat Anda berkunjung ke pura atau tempat-tempat yang dianggap suci oleh masyarakat setempat. Hargai dan ikuti adat istiadat setempat dan gunakan pakaian yang sopan. Jika Anda mengenakan celana pendek, pakailah sarung atau kain. Beberapa tempat juga mewajibkan Anda mengenakan kain sarung (kamen). Jangan berjalan didepan orang yang sedang bersembahyang ataupun memotret dengan flash saat upacara berlangsung. Untuk perempuan, jangan masuk ke dalam pura atau tempat suci lainnya saat sedang datang bulan.

7. Perlengkapan yang Wajib Dibawa
Ibarat payung sebelum hujan, peribahasa tersebut mewakili tips ke-7 ini yaitu membawa perlengkapan outdoor, jangan sampai setelah sampai di Bali kita malah kebingungan karena perlengkapan yang terlihat sepele ini ternyata penting banget lho Kawan. Seperti masker untuk mengurangi polusi udara saat berpergian menggunakan sepeda motor, masker juga mempunyai fungsi vital yang lain lho saat Kamu tertidur cobalah menggunakan masker dijamin liburan Kamu aman dari teman-teman yang usil karena mulut yang terbuka lebar hihihi. Kemudian sarung tangan untuk menghindari punggung telapak tangan menghitam saat mengendarai sepeda motor, Bali panasnya juara Kawan. Jangan lupa sandal dan sunblocknya ya. Ayo di list dulu biar semua keangkut.

8. Sewalah Sepeda Motor
Kamu sudah sampai di Bali dan tak sabar untuk menikmati keindahan berbagai lokasi wisata. Kalau lokasi wisatanya berdekatan sih tak masalah karena kamu bisa mencapainya dengan berjalan kaki. Namun kamu tak mungkin jalan kaki kan kalau seandainya ingin mengunjungi Pantai Kuta dan Danau Batur sekaligus dalam satu hari? Menyewa sepeda motor juga jauh lebih hemat daripada naik taksi atau kendaraan umum lainnya. Jangan lupa menawar harga karena Anda bisa saja mendapatkan harga lebih murah jika menyewa sepeda motor selama lebih dari satu hari
Pastikan motor yang disewa terawat agar aman dan nyaman saat backpackeran di Bali

Tidak ada komentar:

Posting Komentar