Minggu, 19 Maret 2017

Hiking Di Gunung Bali



                Pulau Dewata Bali selain terkenal dengan hamparan pasir putih pantai-pantai yang indah, Bali juga memiliki beberapa puncak gunung yang sangat eksotis untuk dinikmati dengan cara hiking travelling hemat Bali. Puncak-puncak gunung indah ini tersebar hampir di semua daerah dataran tinggi Bali. Bagi yang ingin hiking di gunung, beberapa puncak ini bisa dijadikan pilihan.

1. Puncak Gunung Agung Bali
Gunung Agung adalah gunung yang wajib dikunjungi bagi yang sedang backpackeran di Bali dengan cara hiking. Gunung ini sangat populer di Pulau Dewata. Gunung Agung adalah gunung yang memiliki ketinggian tertinggi di Pulau Bali yang mencapai 3142 meter di atas permukaan laut. Lokasi tepatnya ada di Kabupaten Karangasem Bali. Gunung ini masih berstatus gunung api aktif.
Cara mudah untuk bisa hiking di Gunung Agung adalah dengan menggunakan jasa rental motor Bali. Cara ini jauh lebih murah dibandingkan dengan menggunakan alat transportasi lainnya. Ada dua jalur pendakian untuk bisa mencapai puncak Gunung Agung, yang pertama melalui Pura Besakih dan yang kedua melalui Pasar Agung. disarankan untuk yang pertama kali mendaki Gunung Agung untuk menggunakan jalur Pura Besakih karena kita bisa menikmati matahari terbit di ufuk timur yang menambah indahnya sinar sunrise di puncak sedangkan jika menggunakan jalur Pasar Agung tidak terlihat matahari terbit.
Setelah melewati hamparan perbukitan yang indah, sampailah tujuan utama hiking di bagian puncak gunung. Dari puncak inilah keindahan pulau dewata tersaji dengan nyata, ditambah asap dari kawah yang terus mengepul teratur kian menambah pesona keindahan gunung agung. Bagi yang backpackeran di Bali, menyesal jika tidak mencoba hiking di Gunung Agung yang indah ini.
ICHI Rent Bali
Puncak Agung 3142 mdpl melalui jalur Pura Besakih (sumber : +zicco hudyoro )
 Ada beberapa pantangan saat hiking di Gunung Agung yang harus diperhatikan, yaitu tidak boleh membawa daging olahan yang berasal dari sapi (sosis sapi, rendang, nasi bungkus dengan daging sapi tidak diperkenankan tetapi kalau susu sapi boleh) dan wanita yang sedang mengalami haid atau datang bulan, karena dipercaya oleh masyarakat sekitar kaki Gunung Agung akan terjadi angin yang kencang saat kita menuju puncak yang membuat perjalanan hiking terasa sulit dan kejadian aneh lainnya.

2. Gunung Batur
Gunung Batur rasanya sudah tidak asing lagi bagi yang suka backpackeran di Bali. Hal ini karena Gunung Batur sangat terkenal dengan spot hiking yang paling tepat untuk menikmati cahaya matahari terbit di Bali. Gunung Batur ini memang rasanya tepat sebagai pilihan pendakian karena ketinggian gunung cukup rendah yaitu hanya 1.717 meter diatas permukaan laut.
Selain itu jalur menuju pendakian juga dengan mudah dituju dengan menggunakan sewa motor di Bali. Jalur permulaan hiking pendakian bisa lewat Pura Jati atau bisa juga via Toya Bungkah. Hiking dengan nyaman serta berkesan ada di Gunung Batur Bali.
Puncak Gunung Batur 1717 mdpl
Gunung Batur terkenal sebagai salah satu bagian dari Global Geopark pada tahun 2012 (sumber : +Acen Trisusanto )
  
3. Gunung Batukaru
Gunung yang masuk dalam rangkaian travelling hemat di Bali dengan cara hiking adalah Gunung Batukaru. Letak gunung dengan ketinggian 2.276 meter diatas permukaan laut ini ada di Kabupaten Tabanan. Gunung Batukaru adalah kawasan yang menjadi tadah hujan besar di kawasan Bali sehingga tanaman tumbuh subur dan menghijau di kawasan pegunungan ini.
Jalur hiking di Gunung Batukaru ini bisa dengan mudah didatangi dengan menggunakan sewa motor Bali dari tempat penginapan para backpacker. Setelah berjuang mencapai puncak, maka di atas puncak akan ada sebuah tempat peribadatan Hindu yang bernama Pura Puncak Kedaton. Pura yang ada di gunung ini dipercayai sebagi penjaga kemistisan Pulau Dewata.
Pura Pucak Kedaton
Pura Pucak Kedaton di ketinggian 2.276 meter di atas permukaan laut (sumber : +Bli Ngurah )

 4. Pucak Mangu di Gunung Catur
Bagi yang suka hiking Pucak Mangu adalah salah satu destinasi yang paling mudah dijangkau. Cukup dengan sewa motor Bali lantas menuju kawasan Petang atau Bedugul untuk memulai hiking di kawasan ini. Dari gunung yang satu ini maka para backpacker bisa menikmati indahnya pemadangan pegunungan yang ada di Pulau Bali.
  Satu hal yang dijadikan nilai lebih dari kawasan hiking yang diapit dua danau indah ini adalah ada di puncak gunung. Di atas puncak gunung ini ada sebuah pura dengan desain keindahan yang luar biasa. Ditambah letaknya di ketinggian 2.096 meter di atas permukaan laut, maka pura kian tambah eksotis. Bagi yang backpackeran di Bali bisa mencoba hiking di Pucak Mangu.
Pura Pucak Mangu
Gunung Catur dengan Pucak Mangu merupakan gunung tertinggi ke-4 di Bali (sumber : @nuadadukuh)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar